Selasa, 23 Juli 2013

Perbaikan Ruas Jalan Banjar-Kalipucang Selesai 2013


 


PETUGAS sedang melakukan pengaspalan dan perbaikan jalan di bunderan Pangandaran, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Selasa (23/7/2013). Sebelum Hari Raya IdulFitri, ditargetkan sudah dilaksanakan perataan dan pemadatan jalan.*
PANGANDARAN, (PRLM).- Pengerjaan perbaikan ruas Jalan Banjar-Kalipucang, ruas jalan Kalipucang-perbatasan Jawa Tengah, ruas jalan Pangandaran-Cimerak dijadwalkan selesai pada tahun 2013 ini. Dengan total anggaran perbaikan jalan sekitar Rp 92,3 miliar.
Untuk perbaikan di wilayah Kabupaten Pangandaran sendiri, diharapkan selesai sebelum Hari Raya Idul Fitri. Kalaupun tidak, hampir mencapai tahap akhir. “Untuk di Pangandaran, diharapkan hingga hari lebaran nanti sudah ada perataan jalan dan pemadatan,” kata Penjabat Bupati Kabupaten Pangandaran Endjang Naffandy, Selasa (23/7/2013).
Endjang mengatakan, saat ini pengerjaan perbaikan jalan tersebut sedang dilaksanakan. Dirinya pun terus mendorong agar segera selesai sesuai dengan target yang ditentukan. Untuk target pemadatan dan perataan jalan sebelum lebaran, diakui Endjang itu setidaknya akan memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pemudik atau masyarakat.
Saat ini, kondisi jalan tersebut masih rusak parah. Memasuki musim kemarau, jalan menjadi berdebu. Jelas kondisi tersebut merugikan warga yang tinggal di sekitar jalan rusak. Dan, itu mengganggu kesehatan. Tidak hanya itu. Jika setelah turun hujan, jalan tersebut akan berlumpur. Bahkan, lubang yang ada di jalan menjadi tertutup oleh genangan air, dan itu membahayakan para pengguna jalan. Terutama pengendara sepeda motor.
Selain ruas jalan tersebut, jalan hingga Cimerak pun diharapkan dapat segera selesai. Seperti diketahui, dari Parigi, lalu ke Cijulang, dan Cimerak, ruas jalannya rusah parah juga. “Jelas kondisi jalan rusak ini merugikan dan berdampak luas. Jalan itu menjadi akses utama bagi masyarakat di sini. Kemudian, ini pun sebagai jalur wisata,” ucapnya.
Dari pantauan Endjang di lapangan, untuk perbaikan jalan Pangandaran tepatnya di daerah Desa Babakan, diakui kurang tepat. “Di sana kondisi jalannya tidak terlalu rusak parah. Alangkah lebih baik jika menurut saya itu perbaikannya untuk di daerah yang benar-benar rusak parah dahulu,” ucapnya.
Di Babakan sendiri, perbaikan hotmix sekitar satu kilometer. Sebelum diaspal, kondi jalannya tidak terlalu rusak parah. Lebih lanjut dirinya mengungkapkan, untuk pengerjaan dan pembiayaan perbaikan jalan tersebut berasal dari Pemerintah Pusat. Kemudian dilaksanakan dengan satuan kerja dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. “Saya sudah berkoordinasi langsung dengan Balai Besar Bina Marga Provinsi Jawa Barat. Kemudian meminta untuk Jalan Pangandaran – Parigi dapat selesai sebelum lebaran,” ujarnya.
Dari total biaya yang dianggarkan, untuk ruas jalan Pangandaran-Cimerak anggarannya untuk perbaikan dan pelebaran jalan sebesar Rp 39,9 miliar. Lalu ruas jalan Kalipucang hingga perbatasan Jawa Tengah, dianggarkan Rp 14,3 miliar untuk perbaikan dan pelebaran jalan. Kemudian untuk ruas jalan Banjar hingga Kalipucang itu dilakukan satu
paket. Untuk pelebaran dan perbaikan jalannya dianggarkan Rp 38,1 miliar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar