Kamis, 11 Juli 2013

Perbaikan Jalan Diharapkan Selesai Sebelum Idulfitri



 
KENDARAAN melintasi Jalan Raya Pangandaran-Cijulang, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran yang rusak parah dan berlubang pada Kamis (4/7/2013). Penjabat Bupati Kabupaten Pangandaran Endjang Naffandy meminta agar perbaikan jalan di ruas tersebut dapat selesai sebelum hari raya lebaran pada Agustus mendatang.*

PANGANDARAN, (PRLM).- Perbaikan jalan yang dilakukan di jalan protokol Kabupaten Pangandaran, diharapkan selesai sebelum hari raya Idulfitri 1434 Hijriah. Hal itu dimaksud untuk memberikan kenyamanan bagi para pengguna jalan yang akan mudik.
“Saya sudah berkoordinasi langsung dengan Balai Besar Bina Marga Provinsi Jawa Barat. Kemudian meminta untuk Jalan Pangandaran – Parigi dapat selesai sebelum lebaran,” ujar, Penjabat Bupati Pangandaran, Endjang Endjang Naffandy, Kamis (4/7/2013)
Saat ini, kondisi jalan tersebut masih rusak parah. Memasuki musim kemarau, jalan menjadi berdebu. Jelas kondisi tersebut merugikan warga yang tinggal di sekitar jalan rusak. Dan, itu mengganggu kesehatan. Tidak hanya itu. Jika setelah turun hujan, jalan tersebut akan berlumpur. Bahkan, lubang yang ada di jalan menjadi tertutup oleh genangan air, dan itu membahayakan para pengguna jalan. Terutama pengendara sepeda motor.
Endjang mengatakan, dirinya menginginkan sebelum lebaran untuk pelebaran jalan, lalu perataan dan pemadatan harus sudah selesai. Alangkah lebih baik jika pengaspalan pun dapat rampung juga. Selain ruas jalan tersebut, jalan hingga Cimerak pun diharapkan dapat segera selesai. Seperti diketahui, dari Parigi, lalu ke Cijulang, dan Cimerak, ruas jalannya rusah parah juga. “Jelas kondisi jalan rusak ini merugikan dan berdampak luas. Jalan itu menjadi akses utama bagi masyarakat di sini. Kemudian, ini pun sebagai jalur wisata,” ucapnya.
Menurut Endjang, saat ini sejumlah sejumlah ruas jalan sudah diperbaiki. Pengerjaannya meliputi, pelebaran jalan, pemadatan, perataan, dan pengaspalan. Endjang mengatakan, ada tiga bagian ruas jalan yang akan diperbaiki.Pertama, ruas jalan Banjar – Kalipucang, ruas jalan Kalipucang – perbatasan Jawa Tengah. Dan, ruas jalan Pangandaran – Cimerak. Total dari anggaran perbaikan jalan itu sekitar Rp 92,3 miliar.
Endjang mengungkapkan, dari hasil rapat koordinasi dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jawa Barat beberapa waktu lalu, untuk perbaikan jalan itu sudah diagendakan, dan sebagian sudah mulai berlangsung. Anggaran untuk perbaikan dan pelebaran jalan itu telah disiapkan. Seluruhnya berasal dari pemerintahan pusat.
“Untuk ruas jalan Pangandaran – Cimerak anggarannya untuk perbaikan dan pelebaran jalan sebesar Rp 39,9 miliar. Lalu ruas jalan Kalipucang hingga perbatasan Jawa Tengah, dianggarkan Rp 14,3 miliar untuk perbaikan dan pelebaran jalan,” ujarnya.
Masih dikatakan dia, untuk ruas jalan Banjar hingga Kalipucang itu dilakukan satu paket. Untuk pelebaran dan perbaikan jalannya dianggarkan Rp 38,1 miliar. Untuk pelebaran jalannya sendiri, menurut dia akan dilakukan selebar satu meter. Yaitu sisi kiri dan kanan jalannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar