Kamis, 11 Juli 2013

Material Longsor Menutupi Jalan Batukaras



PANGANDARAN, (PRLM).- Material batu yang menutupi akses jalur jalan Blok Pasir Gadung, Desa
Batukaras, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, hingga Selasa (9/7/2013) masih berada di badan jalan. Namun demikian, kendaraan dapat melalui jalan tersebut.
Komandan Koramil Cijulang, Kapten Inf Mamat Suparman mengatakan, saat ini petugas bersama warga setempat terus membersihkan material longsor yang menutupi jalan. Berbekal alat seadanya, akhirnya jalan menuju Tasikmalaya itu dapat dilalui.
“Material batu yang menutupi jalur ini terjadi pada Senin (8/7/2013) kemarin sekitar pukul 10.15 WIB. Ketika itu sedang turun hujan, yang kemudian secara tiba-tiba terjadi longsor,” ujarnya, Selasa(9/7/2013).
Hingga kemarin siang, batu tersebut masih berada di jalan. Namun, sebagian sudah oleh warga dan petugas dibersihkan. Diungkapkan dia, untuk membersihkan material longsor, dan batu harus menggunakan alat berat. Alat berat pun diakui Mamat sudah dikoordinasikan dan akan segera tiba di sana. “Nantinya bongkahan batu akan kita dorong ke jurang. Selain membersihkan sisa-sisa batuan dan longsor di jalan, kita pun akan mencoba untuk merapihkan tebing,” katanya.
Dirinya khawatir akan terjadi longsor lagi. Selain hujan yang masih sering terjadi. Kondisi tebing dan jalan pun sudah ada yang retak. “Kemungkinan akan ada longsor susulan. Sebab, terlihat ada retakan pada tebing dan jalan,” ujarnya.
Menurut Mamat, bongkahan batu yang jatuh dari tebing dan menutupi jalan, berukuran besar. Saat kejadian, satu kendaraan roda empat jenis minibus dengan nomor polisi Z 1349 WD tertimpa. Beruntung penumpang dari mobil itu, Wahyu (45), dan Eti (40) selamat. “Mobilnya rusak parah pada bagian kaca dan depan akibat tertimpa batu berukuran sekitar meja tulis,” ucapnya.
Akibat dari longsor tersebut, selain lalu lintas pun sempat terputus. Dan, antrian kendaraan mencapai dua kilometer. Saat ini lalu lintas sudah mulai normal. Namun demikian, untuk kendaraan besar masih diberlakukan sistem buka tutup.
Lebih lanjut Mamat mengatakan, saat ini pun petugas masih dikerahkan di lokasi longsor. Selain untuk mengatur lalu lintas, juga menjaga agar tidak ada masyarakat yang jaraknya tidak terlalu dekat dengan longsoran. “Kita tetap lakukan penjagaan. Selain kita, warga pun turut bersama-sama dengan kita,” ucapnya.
Dirinya berharap, ada tindakan cepat untuk mengatasi dan mengantisipasi longsor tersebut. dirinya menghawatirkan akan terjadi kembali longsor. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar