Kamis, 23 Mei 2013

Ruas Jalan Rusak di Kab.Pangandaran Akan Segera Diperbaiki



 PANGANDARAN,(PRLM).-Hampir sebagian besar ruas jalan protokol di Kabupaten Pangandaran rusak berat. Kondisi tersebut pun diperparah dengan lebar jalan yang masih sempit.
Pada tahun 2013 ini, jalan yang kini rusak akan segera diperbaiki. Tidak hanya itu, jalan nasional tersebut pun akan dilakukan pelebaran.
“Beberapa jalan akan diperbaiki pada tahun ini. Diharapkan pengerjaannya cepat selesai, dan masyarakat dapat menikmati dan menggunakan jalan itu dengan aman,” ucap Penjabat Bupati Kabupaten Pangandaran Endjang Naffandy.
Endjang mengatakan, ada tiga bagian ruas jalan yang akan diperbaiki. Pertama, ruas jalan Banjar – Kalipucang, ruas jalan Kalipucang – perbatasan Jawa Tengah. Dan, ruas jalan Pangandaran – Cimerak. Total dari anggaran perbaikan jalan itu sekitar Rp 92,3 miliar.
“Kondisi jalan di ruas tersebut memang sudah rusak parah. Jika tidak segera diperbaiki, selain akan menghambat laju perekonomian, transportasi. Bahkan lebih parah dapat terjadi kecelakaan lalu lintas,” ucapnya.
Lebih lanjut Endjang mengatakan, dari hasil rapat koordinasi dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jawa Barat, untuk perbaikan jalan itu sudah diagendakan, dan sebagian sudah mulai berlangsung.
Menurut dia, anggaran untuk perbaikan dan pelebaran jalan itu telah disiapkan. Seluruhnya berasal dari pemerintahan pusat.
“Untuk ruas jalan Pangandaran – Cimerak anggarannya untuk perbaikan dan pelebaran jalan sebesar Rp 39,9 miliar. Lalu ruas jalan Kalipucang hingga perbatasan Jawa Tengah, dianggarkan Rp 14,3 miliar untuk perbaikan dan pelebaran jalan,” ujarnya.
Masih dikatakan dia, untuk ruas jalan Banjar hingga Kalipucang itu dilakukan satu paket. Untuk pelebaran dan perbaikan jalannya dianggarkan Rp 38,1 miliar.
Untuk pelebaran jalannya sendiri, menurut dia akan dilakukan selebar satu meter. Yaitu sisi kiri dan kanan jalannya.
“Kita sudah lakukan koordinasi dan titik-titik mana saja yang rusak sudah dipetakan. Besar harapan dapat segera selesai pengerjaannya,” ucapnya.
Dari pemantauan, saat ini dri ruas Jalan Pangandaran-Cimerak, juga Banjar hingga Kalipucang, dan Kalipucang hingga perbatasan Jawa Tengah, pengerjaan perbaikan dan pelebaran jalan sudah dilakukan.
Di ruas Jalan Raya Cijulang, satu unit alat berat bechoe sudah mulai melakukan pelebaran jalan dan merapihkannya dengan batu belah. Kemudian, satu unit alat berat stum pun dikerahkan untuk meratakan jalan yang telah diperlebar. (A-195/A-107)***
Sumber dari : Pikiran Rakyat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar