Sabtu, 04 Mei 2013

Pesawat Latih Jenis Cessna 172 SP yang Tergelincir diselidiki KNKT



PANGANDARAN,(PRLM).-Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) tiba di Bandar Udara Nusawiru, di Desa Kondangjajar, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, sekitar pukul 10.15 WIB, Sabtu (4/5/2013). Kedatangan mereka untuk menyelidiki tergelincirnya pesawat latih jenis Cessna 172 SP, pada Jumat (3/5/2013) pagi.
Anggota KNKT itu berjumlah dua orang. Mereka datang ke Bandar Udara Nusawiru menggunakan pesawat SusiAir.
Sebelumnya, pesawat latih milik Bandung Pilot Academy tergelincir ketika hendak take off di Bandar Udara Nusawiru, pada Jumat (3/5/2013) sekitar pukul 8.12 WIB. Pilot yang sedang terbang solo ketika itu adalah Rudy Herwin Cahyadi (21).
Pilot dari pesawat latih jenis Cessna 172 SP itu adalah Rudy Herwin Cahyadi (21). Siswa dari Bandung Pilot Academy tersebut ketika itu, dia sedang melaksanakan latihan terbang pada pukul 8.06 WIB.
Menurut Koordinator Bandar Udara Nusawiru dari Dinas Perhubungan Jawa Barat, Hendra Gunawan pesawat itu tergelincir keluar landasan ketika hendak take off.
"Dia waktu itu hendak touch and go. Landing, terus take off. Ketika hendak take off, pesawat tergelincir ke sisi kiri landasan, dan akhirnya jungkir balik setelah melewati parit," ucapnya ditemui di lokasi kejadian.
Jarak dari landasan ke lokasi tergelincir yaitu sekitar 100 meter. Tepatnya ke lokasi tanah kosong.
Lebih lanjut dia mengatakan, sebelumnya yaitu pada pukul 8.06 WIB Rudy melaksanakan latihan terbang hingga ketinggian 1.000 meter. Lalu turun di Bandar Udara Nusawiru tepatnya di jalur 07 pada pukul 8.12 WIB. "Ketika akan take off kembali, pesawat oleng dan tergelincir ke kiri landasan melewati parit lalu terbalik," ucapnya.
Sumber dari : Pikiran Rakyat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar