Selasa, 21 Mei 2013

Penjabat Bupati Kab Pangandaran Akan Datangi Bappeda Jabar



PANGANDARAN,(PRLM).-Direncanakan pada Jumat (17/5), Penjabat Bupati Kabupaten Pangandaran Endjang Naffandy, bersama 10 camat yang ada di wilayahnya akan ke Kota Bandung. Yaitu mendatagi kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jawa Barat.
Kedatangan mereka dijelasakan Endjang yaitu untuk membahas pertumbuhan dan perencanaan pembangunan dari Daerah Otonom Baru (DOB) tersebut.
“Besok pagi, kita akan melakukan rapat pembahasan di kantor Bappeda Jawa Barat, di Kota Bandung. Pada acara itu, akan dihadirkan juga 10 camat yang ada di Kabupaten Pangandaran,” ucapnya, Kamis (16/5), ditemui seusai rapat koordinasi dengan TNI-Polri, di Hotel Sandaan, Kecamatan Pangandaran.
Endjang menjelaskan, pada rapat yang membahas perencanaan pembangunan Kabupaten Pangandaran akan dihadiri juga oleh pikan atau instansi lain. Seperti dari Provinsi Jawa Barat, Kabupaten yang ada di wilayah Priangan. Bahkan dari pusat, dalam hal ini Kementrian Perhubungan pun akan hadir.
“Nanti, kita termasuk camat akan memaparkan apa saja potensi yang dimiliki wilayahnya, dan rencana pembangunannya seperti apa,” ucapnya.
Menurut Endjang, 10 kecamatan yang ada DOB Kabupaten Pangandaran secara keseluruhan memiliki potensi bagus dan berbeda-beda. Bahkan, dapat menjadi unggulan bagi daerah yang baru melakukan pemekaran.
Endjang mengatakan, potensi yang dimiliki tidak hanya dari sektor pariwisata. Tetapi, seperti pertanian, perkebunan pun dapat menjadi keunggulan bagi DOB itu.
“Dengan banyaknya potensi yang dimiliki, sangat pantas jika Kabupaten Pangandaran menjadi DOB. Banyak potensi yang dimiliki dari wisata alam, dan lain sebagainya,” ucapnya.
Untuk sektor pariwisata, panorama alam Pangandaran sudah tersohor hingga luar negeri. Tak jarang setiap waktu wisatawan mancananegara kerap berlibur ke Pangandaran.
Potensi lain di Kabupaten Pangandaran yaitu di sektor perkebunan, pertanian, kelautan, perikanan, dan juga pertambangan.
Untuk pertanian, Kecamatan Mangunjaya dikatakan dia cocok dan berpotensi untuk menjadi lumbung padi bagi Kabupaten Pangandaran. Hal itu dilihat dari 60 persen wilayah daerah itu yang merupakan lahan pertanian sawah.
Kecamatan yang ada di Kabupaten Pangandaran adalah Kecamatan Sidamulih, Padaherang, Cigugur, Cimerak, Pangandaran, Kalipucang, Parigi, Cijulang, Langkaplancar, dan Kecamatan Mangunjaya.
“Untuk yang dari Kementrian Perhubungan, saya belum mengetahui pasti apa yang akan dibahas. Mungkin salah satunya yang akan dibahas adalah transportasi yang ada di sini,” ucapnya,” ujarnya. (A-195/AQ-107)***
Sumber dari : Pikiran Rakyat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar