Sabtu, 04 Mei 2013

Pesawat Latih Tergelincir Saat Lepas Landas



WARGA melihat pesawat latih milik Bandung Pilot Academy yang tergelincir di Bandara Udara Nusawiru, Desa Kondangjajar, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Jumat (3/5/2013).*
PANGANDARAN, (PRLM).- Pesawat latih milik Bandung Pilot Academy tergelincir ketika hendak take off (lepas landas) di Bandara Udara Nusawiru, Desa Kondagjajar, Kecamatan, Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Jumat (3/5/2013). Tidak ada korban pada kejadian pada pukul 8.12 WIB. Namun, pilot mengalami luka ringan.
Pilot dari pesawat latih jenis Cessna 172 SP adalah Rudi Herwin Cahyadi. Ketika itu, dia sedang melaksanakan latihan terbang pada pukul 8.06 WIB.
Menurut Koordinator Bandara Udara Nusawiru dari Dinas Perhubungan Jawa Barat, Hendra Gunawan pesawat itu tergelincir keluar landasan ketika hendak take off.
"Dia waktu itu hendak touch and go. Landing, terus take off. Ketika hendak take off, pesawat tergelincir ke sisi kiri landasan, dan akhirnya jungkir balik setelah melewati parit," ucapnya ditemui di lokasi kejadian.
Jarak dari landasan ke lokasi tergelincir yaitu sekitar 100 meter. Tepatnya ke lokasi tanah kosong.
Lebih lanjut dia mengatakan, sebelumnya yaitu pada pukul 8.06 WIB Rudi melaksanakan latihan terbang hingga ketinggian 1.000 meter. Lalu turun di Bandara Udara Nusawiru tepatnya di jalur 07 pada pukul 8.12 WIB.
"Ketika akan take off kembali, pesawat oleng dan tergelincir ke kiri landasan melewati parit lalu terbalik," ucapnya.
Saat ini, pesawat sudah diberi garis polisi oleh Kepolisian Resor Ciamis. Juga ditutupi oleh terpal berwarna biru.
Dijelaskan dia, pilot selamat sudah dilarikan ke Rumah Sakit Banjar guna mendapatkan pertolongan lebih lanjut. Sebab, Rudi mengalami luka di bagian kepala dan jemarinya. (A-195/A-88)***
Sumber dari : Pikiran Rakyat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar