Rabu, 11 September 2013

Pilkades Pananjung Diikuti Tiga Calon



PANGANDARAN, (PRLM).- Ketua Panitia pemilihan kepala desa (Pilkades) Pananjung, Wagiman mengatakan, masyarakat yang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) terdiri dari 2.837 laki-laki, dan perempuan 2.816 jiwa. Sementara target partisipasi pada Pilkades ini mencapai 90 persen.
Pilkades Pananjung diikuti tiga calon, terdiri atas Wahidin, Sibun, dan Dedi Hermawan. Ketiga calon sempat "dijemur" di Lapangan Merdeka, Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran. Ketiganya ada di lapangan tersebut sejak pukul 7.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB.
Wagiman mengatakan, alasan menempatkan para calon Kepala Desa di tengah lapang atau di tenda, yakni agar masyarakat dapat melihat langsung calon pemimpin mereka. Selain itu, ketiga calon pun dapat melihat langsung pula proses pencoblosan atau pemilihan kepala desa.
Diakui Wagiman, tradisi tersebut sudah dilakukan sejak lama. Ketika masih bergabung dengan Kabupaten Ciamis, hal itu telah dilakukan. "Ini adalah tradisi yang perlu kita pertahankan. Karena, proses demokrasi harus terbuka dan transparan," ujarnya.
Pada pelaksanannya, warga yang datang langsung mendatangi meja panitia. Mereka langsung dapat ke tempat yang telah ditentukan. Di tenda panitia atau daftar ulang, ada enam meja. Sebab, di Desa Pananjung terdiri dari enam Rukun Warga (RW). Keenam RW itu berada di tiga dusun. Yaitu Dusun Karangsari, Dusun Karangsalam, dan Dusun Bojongjati.
Yang menarik, setelah para pemilih mencoblos dan memasukan kertas suara ke kotak suara, mereka menyalami para calon kepala desa. "Coba lihat, masyarakat sangat antusias untuk bersalaman dengan para calon. Ketiga calon pun ada yang sampai jongkok," kata Wagiman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar