Jumat, 13 September 2013

Kades di Pangandaran Diinstruksikan untuk Tidak Sering di Kantor



Penjabat Bupati Kabupaten Pangandaran Endjang Naffandy intruksikan seluruh kepala desa (kades) untuk tidak terlalu sering diam di ruang kerja. Namun, harus lebih meningkatkan kunjungan kepada masyarakat.
“Sebagai garda terdepan, saya inginkan seluruh kepala desa aktir dan tanggap dalam menanggapi permasalahan yang ada di lingkungannya,” ujar Endjang ketika melantik empat kepala desa di wilayah Kecamatan Cimerak, di aula Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, Rabu (11/9/13).
Endjang menjelaskan, salah satu keberhasilan pembangunan daerah bukan hanya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Namun, mampu merespon dengan baik tuntutan baru dan yang ada dilingkungannya.
Sebagai garda terdepan, Kades pun harus dekat dengan masyarakat. Kemudian, terus menjalin komunikasi yang aktif. “Kades harus dapat mendeteksi dini. Kades wajib mendengar dan melihat apa yang terjadi di wilayahnya,” katanya.
Selanjutnya, Kades pun menurut Endjang harus dapat menanggulangi dan menyelesaikan segala macam permasalahan. Baik itu yang sekecil apapun.
Dengan demikian, Endjang menegaskan agar seluruh Kades tidak boleh sering berada di kantor. Pejabat daerah harus mengetahui apa yang terjadi di sekitarnya. “Jadi, mereka harus menerapkan sistem jemput bola, atau totog. Kemudian, carikan solusi jika terjadi masalah,” ucapnya.
Pada kesempatan itu, sebanyak empat jabatan kepala desa di wilayah Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran diserahterimakan. Acara pelatikan sendiri, dipimpin langsung oleh Penjabat Bupati Kabupaten Pangandaran Endjang Naffandy. Turut hadir sejumlah pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Pangandaran.
Mereka yang menjalani serah terima jabatan adalah Kepala Desa Batumalang, Desa Cimerak, Desa Mekarsari, dan Desa Limusgede.
Jabatan yang diserahterimakan adalah Kepala Desa Batumalang dari Toto Suharto kepada Jaja Jaedi. Kemudian, Kepala Desa Cimerak dari Pendi Ependi kepada Dadang Rukanda.
Selanjutnya Kepala Desa Mekarsari Uce Hasid, kepada Rohimat. Dan, Kepala Desa Limusgede dari Engkos Koswara kepada Koswara Nugraha.
Kepada para Kades yang telah dilantik, Endjang berharap mereka dapat melaksakan tugasnya dengan baik. Melanjutkan program yang sudah dibuat pendahulunya, dan melakukan inovasi baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar