Rabu, 24 April 2013

Nahdlatul Ulama Pangandaran Harus Kawal Kabupaten Baru


Nahdlatul Ulama  Pangandaran Harus Kawal Kabupaten Baru
Warga NU Pangandaran perwakilan dari beberapa kecamatan tampak hadir di Konferenssi Cabang (Konfercab) ke-1 NU Pangandaran di Pondok Pesantren Asy-Syuja’iyah Kecamatan Parigi beberapa waktu yang lalu. Photo oleh Warino Si Kepis
Pangandaran, myPangandaran.com - Nahdlatul Ulama (NU) yang merupakan salah satu organisasi besar di Pangandaran mendorong seluruh kadernya untuk ikut mengawal Kabupaten Pangandaran yang baru diresmikan beberapa waktu yang lalu sehingga dapat berjalan sesuai dengan harapan masyarakat. Seperti dikutip myPangandaran dari NU Online, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pangandaran diharapkan mampu mengawal kinerja pemerintahan kabupaten baru. Apalagi Pangandaran diorientasikan sebagai kabupaten wisata.

“NU diharap melakukan penguatan moral-moral kader NU khususnya, dan umat Islam pada umumnya,” kata Ketua PWNU Jawa Barat H Eman Suryaman. Ungkapan itu disampaikan Eman pada Konferenssi Cabang (Konfercab) ke-1 NU Pangandaran di Pondok Pesantren Asy-Syuja’iyah Kecamatan Parigi pada Sabtu-Ahad (20-21) akhir pekan lalu.

Ini, sambung Eman, adalah momen tepat yang perlu dicatat dalam sejarah ke-NU-an Pangandaran. Karena NU satu-satunya ormas yang secara institusional dibentuk setelah Pangandaran resmi jadi kabupaten tersendiri.

Namun, perlu digarisbawahi, bahwa PCNU Pangandaran tidak boleh melepaskan diri dari konsep Khittah NU 1926. Khittah melarang berpolitik praktis, meskipun masing-masing individu warga NU memiliki hak politik. Kebesaran NU Pangandaran harus membumikan tugas pokok NU, yaitu tawazun (seimbang), tawasuth (moderat), i’tidal (keadilan), dan tasamuh (toleransi). Itu merupakan sikap para ulama NU, yang harus menjadi ciri khas PCNU Pangandaran ke depan.

Seperti diketahui, Kabupaten Pangandaran berdiri dan resmi terpisah dari Ciamis. DPR RI menetapkan dan memutuskan secara resmi dalam Undang-undang No. 21/2012 tertanggal 17 November 2012, tentang pembentukan Kabupaten Pangandaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar