Selasa, 30 April 2013

Meski di Kabupaten Pesisir, Kec Mangunjaya Jadi Lumbung Padi



PANGANDARAN, (PRLM).- Kecamatan Mangunjaya, Kabupaten Pangandaran, berpotensi sebagai lumbung padi dari Daerah Otonom Baru (DOB). Setengah dari luas wilayah adalah lahan pertanian.
Camat Mangunjaya Irwansyah mengungkapkan, luas wilayah kecamatan tersebut adalah 3.278 hektare. Sedangkan luas lahan pertanian tanah sawah 1.698 hektare.
"Kecamatan ini merupakan lumbung padi. Dan, dapat menjadi lumbung bagi Kabupaten Pangandaran," ucap ketika ditemui di ruang kerjanya, Selasa (30/4/2013).
Irwansyah mengatakan, sebelum terbentuknya DOB Kabupaten Pangandaran, kecamatan Mangunjaya juga Kecamatan Padaherang menjadi lumbung padi bagi Kabupaten Ciamis. Dengan begitu, kini kecamatan yang memiliki penduduk berjumlah 34.326 jiwa, 10.021 KK akan menjadi lumbung padi bagi Kabupaten Pangandaran.
Menurut Irwansyah, mayoritas dari penduduknya adalah bertani. Sebab, dari potensi yang ada mendukung.
Selain itu, daerah yang merupakan pemekaran dari Kecamatan Padaherang itu berbatasan dengan Jawa Tengah.
"Dari segi wilayah, kita juga diuntungkan karena berbatasan dengan Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah di sisi timur," ucapnya.
Untuk di utara, berbatasan dengan Kecamatan Purwadadi di Kabupaten Ciamis. Lalu selatan berbatasan dengan Kecamatan Padaherang, juga Kecamatan Banjarsari.
Sementara itu, Penjabat Bupati Kabupaten Pangandaran Endjang Naffandy mengungkapkan jika Kecamatan Mangunjaya memang dapat menjadi lumbung padi.
"Dari potensi yang ada, ini sangat bagus. Dan, dapat jadi lumbung padi. Juga persediaan stok beras," ucapnya. (A-195/A-88)***
Sumber dari : Pikiran Rakyat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar