Senin, 18 November 2013

Lapangan Udara Parigi Diusulkan Jadi Detasemen



Lapangan Udara Parigi yang ada di Dusun Buniayu, Desa Karangjaladri, Kabupaten Pangandaran, diusulkan pemerintah setempat untuk ada peningkatan status menjadi detasemen. Namun demikian, hal tersebut harus ada proses yang dilalui untuk hal tersebut. Selain itu pula, kondisi lapangan udara pun perlu dibenahi.
Hal tersebut dikatakan Komandan Pangkalan Udara Wiriadinata Tasikmalaya Letnan Kolonel Pnb Indan Gilang Buldansyah ketika melakukan latihan navigasi bersama empat unit helikopter jenis EC 120 B Colibri milik TNI Angkatan Udara, dan delapan penerbang yang mendarat di Lapangan Udara Parigi, di Dusun Buniayu, Desa Karangjaladri, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Kamis (13/11/2013). Helikopter tersebut bermarkas di Skuadron 7 Lanud Suryadharma Kalijati Subang.
“Air strip Parigi ini belum ada rencana dikembangkan atau ditambah fasilitasnya. Namun, ada permintaan dari Pemkab Pangandaran untuk ditingkatkan menjadi detasemen,” ucapnya.
Indan mengatakan, bahwa untuk melakukan peningkatan status itu perlu pengkajian terlebih dahulu. Kemudian, pelayanan dan fasilitas pendukungnya pun perlu dilengkapi. Nantinya akan ada penambahan untuk pelengkap itu semua dari Lanud Wiriadinata Tasikmalaya. “Selain itu, kalau detasemen akan ada anggota setingkat kompi atau sekitar 100 personel di sini,” ujarnya.
Dijelaskan Indan, saat ini air strip Parigi adalah pos TNI AU. Namun, tidak menutup kemungkinan dapat dikembangkan atau ditingkatkan statusnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar