Kamis, 24 April 2014

Pangandaran Kekurangan Kader Posyandu





Dari jumlah 2.970 kader Posyandu yang ada di wilayah Kabupaten Pangandaran, sebanyak 1.353 kader masih tidak terlatih. Sedangkan selebihnya atau 1.617 orang sudah terlatih.
Dikatakan Kepala Bidang Analisa Data Pengembangan Program, Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat, dan Pemerintahan Desa (BP3KB PMD dan Pemdes) Kabupaten Pangandaran Agus MH, saat ini ada 519 Posyandu. Dengan jumlah terbanyak ada di Kecamatan Padaherang.
"Di Kecamatan Padaherang ada 83 Posyandu. Diikuti Kecamatan Langkaplancar 69 Posyandu," ucapnya, Selasa (22/4/2014).
Agus mengatakan, jumlah kader tidak terlatih terbanyak ada di Kecamatan Padaherang 199 orang, dan yang terlatih sebanyak 243 orang.
Menurut Agus, kecamatan tersebut memang tidak luas, atau banyak jumlah desanya dibandingkan Langkaplancar. Namun, secara jumlah penduduk pun memang Padaherang lebih banyak.
Untuk Padaherang, saat ini jumlah penduduk dari hasil pendataan BP3APK2BMPD sebanyak 63.744 jiwa. Menurut dia, sudah sepatutnya memiliki Posyandu banyak dan ditunjang kader terlatih.
Guna membuat seluruh kader menjadi terlatih, Agus mengatakan saat ini terus dilakukan upaya. Seperti pelatihan, sosialisasi, juga pemahaman dan kesadaran.
"Pelatihan terus kita lakukan di setiap daerah. Dengan harapan, mereka memiliki keterampilan dan terlatih," ujarnya.
Selain pelatihan kader, kini dilakukan juga sosialisasi dan pembekalan pemahaman guna membentuk kesadaran ber-KB kepada masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar