Sabtu, 05 Oktober 2013

Persediaan Hewan Kurban di Kab.Pangandaran Surplus





SAPI potong sedang makan pakan di kandang sapi di Kelompok Sapi Potong Putra Nusa di Dusun Kalensari, Desa Kondangjajar, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Jumat (4/10/2013).

Ketersediaan hewan kurban di Kabupaten Pangandaran untuk Idul Adha tahun ini mencukupi. Bahkan, dari jumlah yang ada kini persediaannya surplus.
Dijelaskan Kepala Dinas Kelautan, Pertanian, dan Kehutanan Adi Nugraha, dengan ketersediaan tersebut pihaknya siap menyalurkan hewan kurban ke daerah yang memang masih membutuhkan.
“Pangandaran siap menyelenggarakan kurban. Persediaan hewan yang siap potong di sini cukup, bahkan melebihi kebutuhan,” jelasnya, Jumat (4/10/2013).
Menurut Adi, hewan kurban jenis sapi potong yang ada di Kabupaten Pangandaran saat ini adalah 1.083 ekor. Dan, yang telah siap dipoting adalah 828 ekor.
Sedangkan kebutuhan untuk kurban nanti di 10 kecamatan adalah 623 ekor. Dengan demikian, masih ada persediaan, dan surplus 150 ekor.
Kemudian, untuk domba pun masih surplus. Dari ketersediaan sebanyak 1.319 ekor, yang siap potong sebanyak 923 ekor siap potong.
Kebutuhan domba di 10 kecamatan sekitar 871 ekor. Dengan demikian, sisanya surplusnya sebanyak 150 ekor.
Selanjutnya kambing, yang ada adalah 428 ekor. Dan, yang siap dipotong adalah 299 ekor. “Dengan adanya surplus tersebut, kita siam menyalurkanya ke daerah yang masih kekurangan hewan untuk kurban nanti,” ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar