Rabu, 09 Oktober 2013

Perbaikan Jalan Pangandaran Selesai Desember 2013



Pengerjaan perbaikan jalan di Kabupaten Pangandaran terus dilakukan. Prosesnya pun, dijadwalkan selesai pada 16 Desember 2013 mendatang.
Tanggal tersebut disanggupi oleh pihak pengembang untuk pengerjaan perbaikan ruas Jalan Banjar – Kalipucang, ruas jalan Kalipucang – perbatasan Jawa Tengah, ruas jalan Pangandaran – Cimerak.
Namun, dari pengerjaan tersebut kini masih ada yang sifatnya pemeliharaan. Dan, perbaikannya baru akan dilakukan pada 2014.
Penjabat Bupati Kabupaten Pangandaran Endjang Naffandy, mengatakan dari koordinasinya dengan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK), ada beberapa kategori pengerjaan untuk jalan tersebut.
"Ada peningkatan, pelebaran, dan pemeliharaan. Jadi, akan ada yang dilakukan pada 2013, dan juga 2014. Namun, diharapkan, dalam waktu cepat, jalan ini dapat kembali bagus dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan banyak orang," jelasnya, Rabu (9/10/2013).
Masih dikatakan Endjang, untuk pengerjaan peningkatan jalan itu akan dimulai dari Jalan Cijulang. Kemudian, untuk Jalan Pangandaran hingga Parigi, kini itu adalah proses pemeliharaan. "Jadi, untuk pengerjaan perbaikan dan peningkatan jalannya akan dilakukan atau masuk paket 2014," ujarnya.
Lebih lanjut Endjang mengatakan, pada pengerjaannya nanti jalan akan dilakukan pelebaran. Yakni menjadi 7,5 meter atau lebih lebar dari saat ini. Pelebaran itu pun termasuk pembuatan dan pembenahan saluran air atau drainasenya. "Nantinya, mulai dari Jalan Pangandaran hingga Cijulang akan ada trotoar yang diperuntukkan bagi para pejalan kaki," ucapnya.
Hal itu dikarenakan kini tidak ada trotoar di jalur tersebut. Padahal, jalan itu termasuk jalan yang ramai. Selain itu, nantinya akan turut dibenahi dan dipasang marka dan rambu-rambu lalu lintas. Termasuk lampu Penerangan Jalan Umum (PJU).
Dari total biaya Rp 92,3 miliar yang dianggarkan, untuk ruas jalan Pangandaran – Cimerak anggarannya untuk perbaikan dan pelebaran jalan sebesar Rp 39,9 miliar. Lalu ruas jalan Kalipucang hingga perbatasan Jawa Tengah, dianggarkan Rp 14,3 miliar untuk perbaikan dan pelebaran jalan.
Kemudian untuk ruas jalan Banjar hingga Kalipucang itu dilakukan satu paket. Untuk pelebaran dan perbaikan jalannya dianggarkan Rp 38,1 miliar.
Saat ini, dari pemantauan sejumlah jalan masih ada yang rusak dan berlubang. Memasuki musim kemarau ini, kondisi tersebut merugikan para pengguna jalan dan masyarakat yang tinggal di sana.
Sebab, jalan menjadi berdebu. Selain itu, pula pada titik proses perbaikan jalan pun jalan menjadi berdebu. Hal itu dikarenakan oleh alat berat yang beroperasi di sana. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar