Senin, 23 Desember 2013

Banjir Menggenangi Sawah, Petani Gagal Panen




BANJIR menggenangi areal persawahan di Desa Ciganjeng, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Minggu (22/12/2013). Banjir yang terlah terjadi hampir satu pekan tersebut akibat dari meluapnya aliran Sungai Citanduy, dan telah menjadi banjir musiman.

Sekitar 500 hektare sawah yang ada di Desa Tunggilis, Kecamatan Kalipucang, dan Desa Ciganjeng, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran terendam banjir. Akibatnya, mayoritas petani mengalami gagal panen.
Akibat peristiwa tersebut, sebagian besar petani mengalami kerugian materi yang cukup besar, yakni mencapai lebih dari Rp 400 juta.
Banjir yang terjadi di areal sawah tersebut sudah sejak Selasa (17/12/2013) malam. Hingga Minggu (22/12/2013), banjir masih menggenai lahan persawahan itu. Penyebab dari banjir musiman itu adalah meluapnya aliran Sungai Citanduy. Kemudian, jebolnya tanggul di perbatasan dua desa tersebut.
Salah seorang petani di Desa Ciganjeng, Hamzah (40) mengatakan ketinggian air banjir mencapai dua meter lebih. “Setiap harinya, air terus naik dan bertambah tinggi. Biasanya, surutnya itu cukup lama,” jelasnya, Minggu (22/12/2013).(

Tidak ada komentar:

Posting Komentar