Senin, 17 Juni 2013

Proyek Penahan Ombak PPI Pangandaran Tetap Diteruskan



PANGANDARAN, (PRLM).- Kepala Dinas keluatan dan Perikanan Kabupaten Ciamis, Sutriaman mengatakan hancurnya bangunan penahan ombak Pelabuhan pendaratan Ikan (PPI) Cikidang di Desa babakan, Kecamatan/Kabuaten Pangandaran yang masih dalam tahap pembangunan tersebut diharapkan tidak membuat mundurnya penyelesaian pembangunan fasilitas tersebut.
Perbaikan bangunan breakwater, masih menjadi tanggungjawab kontraktor. "Tentunya semua hal itu sudah dipertimbangkan. Dengan demikian perbaikan pembangunan yang masih dalam pengerjaan itu menjadi tanggungjawab kontraktor. Pihak kontraktor juga menyatakan sanggup untuk kembali membenahi dan melanjutkan pekerjaan. Sesuai rencana tahun ini seluruh fasilitas dapat diselesaikan," tutur Sutriaman.
Ia menambahkan bahwa salah satu penyebab hancurnya tanggul pemecah ombak PPI Cikidang akibat diterjang ombak besar, karena bagian beton pengikat sekaligus pengaman tanggul belum sepenuhnya dipasang. Beton berbentuk seperti huruf T yang digabung itu merupakan bangian luar untuk mengamankan tanggul dari gempuran ombak.
"Titik yang jebol itu belum sepenuhnya dipasang eject atau beton pengunci. Kjadiannya mungkin berbeda apabila seluruh sisi tanggul sudah dipasang eject," jelasnya.
Sutriaman mengatakan bahwa projek pembangunan PPI Cikidang berada di bawah kendali Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduty di Kota Banjar. Dinas kelutan dan Perikanan kabupaten ciamis masih terlibat dalam penanganan fasilitas tersebut, karena sampai saat ini di Kabuyaten pangandaran belum terbentuk dinas yang bersangkutan.
"Jadi sampai saat ini sebagian persoalan masih berada atau ditangani bersama antara Kabupaten Ciamis dengan pangandaran. kami juga selalu koordinasi dengan BBWS terkait dengan pembangunan PPI Cikidang," tuturnya.
Sumber dari : Pikiran Rakyat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar