Sabtu, 22 Juni 2013

Jalur Kereta Api Banjar-Cijulang Kembali Dibahas



PANGANDARAN, (PRLM).- Jalur Kereta Api Banjar – Cijulang, dalam waktu dekat ini akan direaktifasi. Pemabahasan rencana itu pun telah dibicarakan antara Kabupaten Pangandaran, Pemerintahan Provinsi Jawa Barat, dan Pemerintahan Pusat, dalam hal ini Kementrian Perhubungan.
Dikatakan Penjabat Bupati Kabupaten Pangandaran Endjang Naffandy, dari hasil rapat koordinasi yang dilakukan beberapa waktu lalu di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapeda) Jawa Barat, dibahas bahwa jalur kereta api Banjar – Cijulang akan diaktifkan kembali.
“Saya harap, dalam waktu dekat ini yaitu tahun 2014, proses pengaktifan kembali jalur kereta api Banjar – Cijulang sudah dapat dilakukan,” ujar Endjang, Minggu (26/5/2013).
Dikatakan dia, dari pertemuan itu didapat usulan jika proses pengaktifan kembali diagendakan pada tahun 2016. Mendengar hal tersebut, Endjang tidak menyetujuinya. “Saya protes. Saya menginginkannya dan berharap dalam waktu dekat ini juga secepatnya proses itu dilakukan pada tahun 2014,” ujarnya.
Alasannya, dikarenakan penelitian untuk pengaktifan itu sudah dilakukan sejak awal. Yaitu pada tahun 2007. Dan, hasilnya sudah ada. “Kita pun sudah berbicara langsung dengan Kementrian Perhubungan, terkait usulan agar dimajukan prosesnya,” katanya.
Walau demikian, Endjang mengakui pada pelaksanaannya akan mendapat tantangan. Sebagian besar jalur kereta api, banyak yang sudah beralih fungsi lahannya.
Mulai dari ada yang ditanami tanaman oleh warga, hingga dibangun bangunan seperti tempat tinggal. “Kita akan lakukan langkah persuasif dalam pemahaman lahan itu kepada warga. Bersama PT Kereta Api, kita nantinya akan bersama-sama membicarakannya,” ujarnya.
Lebih lanjut Endjang mengatakan, upaya lain yang dapat dilakukan untuk lahan yang kini sudah digunakan warga adalah dengan pengalihan jalur.
“Nantinya dapat dinegosiasikan. Namun, berapa jalur trasenya yang dirubah kita belum tahu,” ucapnya yang berharap sekali jalur kereta api yang berhenti pada tahun 1980-1n itu hidup kembali.
Dalam pengerjaannya nanti, anggaran akan berasal dari pusat. Namun demikian, Endjang belum mengetahui berapa besar anggarannya.
Nantinya, ketika jalur kereta api Banjar – Cijulang kembali aktif, maka Kabupaten Pangandaran akan memiliki daya tarik pada sarana transportasi umum angkutan darat.
Menurut Endjang, kereta api tersebut dapat menjadi kereta api wisata. Dan, menjadi identitas juga ciri khas tersendiri.
Jalur kereta api ini akan memanjakan penumpangnya dengan panorama indah. Mulai dari pegunungan hingga laut.
Sepanjang perjalanan, kereta api akan melewati jembatan. Diantaranya Jembatan Cikacepit. Kemudian tiga terowongan panjang. Yaitu terowongan Hendrik yang memiliki panjang 100 meter, lalu terowongan Juliana sepanjang 250 meter, dan terowongan Sumber atau Wilhelmina yang memiliki panjang 1.200 meter. Seperti diketahui, terowongan Wilhelmina adalah terowongan paling panjang di Indonesia. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar