Senin, 17 Juni 2013

Pemecah Ombak PPI Pangandaran Hancur



PANGANDARAN,(PRLM).- Bangunan pemecah ombak atau breakwater di Pelabuhan pendaratan Ikan (PPI) Cikidang di Desa babakan, Kecamatan/Kabuaten Pangandaran hancur diterjang ombak. Tanggul penahan ombak berupa tumpukan batu boulder atau batu berukuran besar yang jebol tersebut, sebenarnya masih dalam tahap pembangunan.
Bangunan breakwater mulai hancur sejak tanggal 7 Juni 2013, bersamaan dengan datangnya ombak besar di wilayah laut selatan Jawa. Tanggul yang masih dalam pengerjaan itu hancur akibat dihantam ombak besar. Kuatnya ombak juga menyebabkan beberapa bagian bangunan dari beton yang berfungsi sebagai penahan dan pengikat batu juga hancur. Bahkan ada bagian bangunan beton yang beratnya hingga ratusan kilo terempas ombak hingga ke atas tanggul.
Dilihat dari jauh, lokasi yang penahan ombak sepanjang 186 meter yang hancur itu jelas tampak berupa cekungan di tiga titik. Letaknya tidak jauh dari ujung bangunan tersebut. Sedangkan dilihat dari dekat, tampak batu berukuran besar yang semula tersusun rapi, kondisinya hancur berserakan. Batu-batu berukuran besar atau juga disebut batu gajah yang sebelumnya berada di bagian atas, sudah bergeser di bawah. 

 Sumber dari : Pikiran Rakyat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar