Kamis, 20 Februari 2014

Perbaikan Jalan Pangandaran-Cijulang Tunggu Lelang




Perbaikan ruas Jalan Raya Pangandaran-Cijulang, yang saat ini kondisinya rusak parah, akan dilaksanakan pada Maret 2014. Hal tersebut karena menunggu proses lelang terlebih dahulu.
Jalan rusak tersebut ada di tiga desa di Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, yakni di Desa Cibenda, Desa Ciliang, dan Desa Karangbenda.
Dikatakan Penjabat Bupati Kabupaten Pangandaran Endjang Naffandy, biaya yang dianggarkan untuk perbaikan jalan sepanjang sembilan kilometer itu sebesar Rp 44 miliar. “Pada pengerjaannya nanti yaitu dilakukan pengecoran jalan,” ucapnya, Rabu (19/2/2014).
Endjang mengaku dirinya terus berkomunikasi dan koordinasi dengan Pejabat Pembuat Komitmen Ruas Jalan Cimerak, Pangandaran, Ciamis, batas Jawa Tengah Irwan Chandra. Dari informasi terakhir, jika pengerjaan akan dilakukan pada Maret.
Endjang berharap, perbaikan jalan dapat dilakukan secepatnya, dan sebaik mungkin. Sebab, jalan tersebut merupakan akses utama masyarakat, juga jalan pariwisata.
Sebelumnya, Pejabat Pembuat Komitmen Ruas Jalan Cimerak, Pangandaran, Ciamis, batas Jawa Tengah Irwan Chandra, mengatakan bahwa selain pengerjaan betonisasi, akan dilakukan pelebaran jalan.
Dari yang semula lebar jalan 5,5 meter, menjadi tujuh meter. Kemudian, drainase jalan pun akan dibenahi. Namun, pada pelaksanannya disesuaikan dengan kondisi jalannya terlebih dahulu.
Alasan dibeton atau dilakukan pernggantian struktur jalan agar tahan lama. Menurut Irwan, jika jalan di hot mix itu tidak akan tahan lama. Untuk pengerjaan perbaikan jalan direncanakn dilakukan selama delapan bulan.
Masih dikatakan Irwan, jalan yang melintasi tiga desa itu sebetulnya pada Oktober 2012 telah dilakukan survei untuk pengerjaan perbaikan ruas jalan Pangandaran-Cimerak. Diketahui, kondisinya memang rusak parah. Terutama batas cijulang-cimerak.
Ruas Cibenda waktu itu, menurut dia dapat dipelihara oleh program pemeliharaan kementrian secara rutin. Dan, itu dituangkan dalam lelajng peningkatan jalan ini sampai Cijulang sekitar 10 kilometer. Namun, pada Desember 2012 banyak kendaraan bermuatan berat melintas dan membuat jalan kian parah.
Salah seorang warga setempat yang juga Ketua Warga Peduli Jalan Rusak Cibenda, Ciliang, Karangbenda, Arif Budiman (37) berharap pengerjaan perbaikan dapat segera dilakukan.
Menurut dia, saat ini jalan tersebut sangat membahayakan pengguna jalan, dan khususnya warga setempat. “Kondisi jalan ini membuat menjadi berdebu. Dan, itu membahayakan kesehatan warga, terutama anak-anak,” ucapnya.
Dari pantauan, setiap harinya warga selalu menyiram jalan dengan air. Hal itu dimaksud agar tidak terlalu berdebu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar