Selasa, 18 Februari 2014

Kab. Pangandaran Perlu Bantuan BPS Ciamis Untuk Akurasi Data Statistik




Pemerintahan Kabupaten Pangandaran menjalin kerja sama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Ciamis. Program itu dituangkan dalam nota kesepahaman bersama.
Pada surat kesepahaman bersama nomor 130.3/1.B-Huk.Org/2014, dan Nomor 32070.003, dijelasakan maksud dan tujuan kerja sama itu adalah dalam rangka inventarisasi, analisis, dan publikasi data statistik tentang kondisi, potensi, dan indikator pembangunan Kabupaten Pangandaran.
Dikatakan Kepala BPS Kabupaten Ciamis, Erna Tresna Prihatin, bahwa Kabupaten Pangandaran memerlukan data yang ada di BPS. Hal itu untuk menjalankan roda pemerintahan dan keperluan lainnya.
“Jadi, untuk membuat data perlu payung hukum. Jadi, dengan BPS Kabupaten Ciamis, kita bersama-sama akan melakukan kerja sama untuk kegiatan pemerintahan itu,” ucapnya, Senin (17/2/2014).
Dikatakan Erna, untuk penyelarasan data itu diakui berat. Karena sumber data dan waktu, juga konsep berbeda. Namun demikian, pengguna nantinya dapat memilih.
Lebih lanjut dia menjelaskan, saat ini Kabupaten Pangandaran memang belum memiliki BPS. Namun demikian, untuk sementawa waktu BPS Kabupaten Ciamis kini masih memiliki perwakilan di daerah yang baru saja memisahkan diri dari kabupaten induknya itu.
Ditambahkan dia, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Ciamis pada 2012 adalah 72,14.
Sementara itu, Penjabat Bupati Kabupaten Pangandaran Endjang Naffandy mengatakan bahwa kerja sama dengan BPS Kabupaten Ciamis adalah dalam rangka akurasi data statistik.
“Selama ini, data yang ada selalu berubah dan tidak ada yang akurat. Dengan adanya kerjasama dengan BPS, kita harapkan ada akurasi data,” ucapnya.
Ditambahkan dia, saat ini Kabupaten Pangandaran memang belum memiliki BPS. Diharapkan, dalam waktu dekat akan ada kator tersendiri untuk data statistik. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar