Selasa, 20 Agustus 2013

Dana Hibah dari Kabupaten Ciamis untuk Kab Pangandaran Sudah Cair



PANGANDARAN,(PRLM).-Dana hibah bantuan untuk Kabupaten Pangandaran dari Kabupaten Ciamis, sudah cair. Dan, pada pekan ini akan didistribusikan ke masing-masing Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD).
Namun demikian, Penjabat Bupati Kabupaten Pangandaran Endjang Naffandy mengungkapkan, dana tersebut oleh kabupaten induk akan diberikan menjadi dua gelombang.
“Yang saat ini diterima baru Rp 2 miliar, dari total Rp 5 miliar dana hibah bantuan untuk Kabupaten Pangandaran,” ujarnya, Selasa (20/8/2013).
Dijelaskan Endjang, untuk dana hibah bantuan dari Pemerintahan Provinsi Jawa Barat belum cair. Jumlah uang yang akan diterima adalah Rp 2,5 miliar.
Lebih lanjut Endjang mengatakan, untuk jumlah dana yang akan didistribusikan ke setiap SOPD itu berbeda-beda. Maksudnya tergantung kebutuhannya.
“Untuk besarannya itu akan berbeda-beda nantinya tergantung kondisi di SOPD tersebut. Misalnya, berapa banyak personil atau bidang yang ada di sana,” ujarnya.
Endjang berharap, dana hibah tersebut dapat digunakan sebaik mungkin dan efisien. Hal itu mengingat Kabupaten Pangandaran saat ini masih dalam masa transisi dan juga belum memiliki anggaran sendiri.
Saat ini Endjang akan terus berkoordinasi dengan Kabupaten Ciamis untuk sisa dana hibah yang belum diberikan. Juga Pemerintah Provinsi Jawa Barat.
Sesuai Persetujuan Presiden atas terbentuknya Kabupaten Pangandaran yang dijelaskan pada Undang Undang Nomor 21 Tahun 2012, akan mendapatkan dana bantuan hibah selama dua tahun.
Pada tahap awal biaya penyelenggaraan pemerintahan, akan didukung oleh hibah Pemerintah Kabupaten Ciamis sebesar Rp 5 miliar setiap tahun selama dua tahun berturut-turut.
Kemudian Pemerintah Provinsi Jawa Barat pun akan memberikan bantuan hibah sejumlah Rp 2,5 setiap tahun selama dua tahun.
Kemudian, Kabupaten Ciamis pun akan memberikan hibah sebesar Rp 4,5 miliar untuk pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati untuk pertama kali, Rp 2,5 miliar dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar