Senin, 11 Januari 2016

DIGUNAKAN PON 2016




 

Lapangan Pacuan Kuda Desa Legokjawa Kecamatan Cimerak Kabupaten Pangandaran Akan Dibenahi

Untuk menunjang penyelenggaraan Pekan Olah Raga (PON) XIX pada tahun 2016 mendatang, Lapangan Pacuan Kuda yang ada di Dusun Legok, Desa Legok Jawa, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, akan ditingkatkan dan dibenahi fasilitasnya. Seperti diketahui, Jawa Barat akan menjadi tuan rumah pesta olah raga tersebut. Dan, Lapangan Pacuan Kuda Legok Jawa, akan dijadikan sebagai tempat penyelenggaraan cabang olah raga pacuan kuda.
Dikatakan Plt Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan, Keuangan, dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Pangandaran Hendar Suhendar, untuk pembenahan lapangan pacuan kuda tersebut, telah disiapkan dana yang cukup besar. Dan, itu diperuntukan untuk pembangunan sarana dan prasarana juga pembenahan.
“Anggaran awal sebesar Rp 7 miliar, dan kini menjadi sekitar Rp 1,4 miliar. Dana bantuan dari Provinsi Jawa Barat itu akan digunakan untuk pembangunan dan pembenahan fasilitas lapangan pacuan kuda,” ujarnya.
Hendar menjelaskan, dengan akan dilaksanakannya cabang olah raga pacuan kuda di Kabupaten Pangandaran itu menjadi keuntungan besar. Sebab, dapat menjadi salah satu media promosi daerah serta wisata yang ada.
Selain itu, pembangunan lapangan pacuan kuda di sana pun dapat segera terealisasi. Sebab, belakangan ini, tempat tersebut sempat tidak terawatt. “Untuk sisa pembangunan, dananya akan dilanjutkan pada tahun 2015 mendatang. Harapannya, sebelum 2016 sudah dapat selesai,” ujarnya.
Seperti diketahui, lapangan pacuan kuda yang berada di Dusun Legok, Desa Legok Jawa, itu memang sudah diwacanakan sejak jauh hari menjadi tempat pacuan kuda bertaraf internasional.
“Lapangan pacuan kuda itu mumpuni. Dan berada tepat di depan Pantai Legok Jawa,” jelasya.
Hendar mengatakan, pacuan kuda di Legok Jawa tersebut berbeda dengan yang lain. Sebab, berada tepat di tepi pantai. Atau hanya berjarak sekitar 100 meter dari bibir pantai.
“Jelas ini menjadi daya tarik dan keunikan dengan pacuan kuda lainnya yang ada. Selain lahannya luas dan bagus, kita dapat menikmati keindahan alam dan panorama pantai yang ada di sini,” ucapnya.
Untuk menuju tempat pacuan kuda, dari Jalan Raya Cimerak sekitar 10 kilometer. Dan, jalannya sebagian dalam kondisi rusak.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar