Rabu, 05 Agustus 2015

Jembatan Bailey akan Dibangun di Pangandaran, untuk atasi Macet di Musim Libur


Penjabat Bupati Pangandaran, Drs. Daud Achmad, saat meninjau langsung tempat rencana jembatan (Bailey) di Sungai Cikidang atau tepatnya di Dusun Parapat RT 03/RW 06 Desa Pangandaran, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran. 



Pemkab Pangandaran berencana akan membangun jembatan sementara (Bailey) di Sungai Cikidang atau tepatnya di Dusun Parapat RT 03/RW 06 Desa Pangandaran, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran. Dibangunnya jembatan itu sebagai jalan alternatif untuk mengurai kemacetan apabila terjadi lonjakan arus kendaraan saat musim liburan.

Hal itu dikatakan Penjabat Bupati Pangandaran, Drs. Daud Achmad, saat meninjau langsung tempat rencana jembatan tersebut, Senin (03/08/2015). Menurutnya, pengalaman dari musim libur lebaran lalu, penyebab kemacetan diakibatkan dari arus lalu lintas kendaraan keluar dan masuk Pangandaran hanya lewat pada satu jalur.
“Setelah kami berkomunikasi dengan Kapolres Ciamis guna membahas solusi kemacetan di musim liburan, ternyata perlu dibangun jembatan sementara. Karena di tahun ini tidak mungkin terkejar, maka kita akan minta bantuan ke TNI Batalyon Zipur untuk membangun jembatan Bailey tersebut,” katanya.
Daud menargetkan pembangunan jembatan Bailey itu harus sudah bisa digunakan saat mengatasi lonjakan arus kendaraan di saat libur natal dan tahun baru. “Jembatan Bailey ini seperti saat penanganan jembatan ambruk di Cihaurbueti Ciamis, beberapa waktu lalu. Anggarannya bisa dimungkinkan dialokasikan di perubahan sekitar bulan Oktober nanti. Karena membangun jembatan Bailey tidak membutuhkan waktu lama,” ujarnya.
Sementara itu, Kabid Jalan dan Jembatan Dinas PU dan Hubkominfo Kabupaten Pangandaran Yusup Supriadi, mengatakan, rencananya jembatan Bailey tersebut berukuran 2×30 m yang terbuat dari kayu/papan.
“Rencananya kita akan pinjam atau sewa ke TNI Batalyon Zipur atau juga kerjasama dengan pihak swasta. Anggarannya masih kita hitung, mudah-mudahan bisa direalisasikan Oktober nanti,”katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar