Selasa, 22 Juli 2014

Pemkab Pangandaran Akan Mengembalikan Fungsi Pasar Wisata




DERETAN kios pedagang di Pasar Wisata, objek wisata Pantai Pangandaran, Kec.Pangandaran, Kab.Pangandaran, Kamis (22/5/2014). Pemerintah Kabupaten Pangandaran akan mengembalikan fungsi dan membuat kantung parkir di Pasar Wisata.*

Keberadaan Pasar Wisata (PW) di objek wisata Pantai Pangandaran, di Kecamatan Pangandaran kondisinya kini sudah tidak sesuai fungsi dan peruntukannya. Lokasi yang semula diharapkan menjadi sentra belanja pengunjung, kini tidak berjalan mulus. PW kini jarang didatangi pengunjung. Bahkan, banyak kepemilikan kios pedagangnya sudah beralih tangan.
Kini, Pemerintah Kabupaten Pangandaran sedang membuat rancangan rencana mengembalikan fungsi dari PW. Bahkan, sejumlah program pun telah dirumuskan.
“Keberadaan Pasar Wisata yang semula diharapkan menjadi destinasi alternatif untuk mengurai konsentrasi pedagang, sekarang menjadi kumuh dan tidak terurus kondisinya,” ujar Penjabat Bupati Kabupaten Pangandaran Endjang Naffandy Kamis (22/5/2014).
Menurut Endjang, kini kondisi PW sudah tidak terawat, dan penataannya pun semerawut. Jika lokasi tersebut dapat kembali ditata, maka dapat menjadi destinasi wisata yang menguntungkan.
Dikatakan dia, PW pun dapat menjadi alternatif penataan pantai. Mulai dari penataan Pedagang Kaki Lima (PKL), juga kantong parkir. “Kita akui kini PW sudah banyak yang berpindah tangan kepemilikannya. Kini, kita akan kembali tata dan buat regulasi untuk pemanfaatan PW,” katanya.
Endjang mengatakan, lokasi PW dapat menjadi kantung parkir. Sebab, kini banyak kendaraan berukuran besar seperti bus dan mobil angkutan penumpang yang banyak parkir di area objek wisata pantai.
Kondisi tersebut menyebabkan kerap terjadi kemacetan di ruas jalan pantai. Baik di Pantai Barat maupun Pantai Timur.
“PW dapat menjadi kantung parkir untuk bis besar, atau kendaraan angkutan. Jadi, nanti kendaraan seluruhnya diparkir di sana. Baik yang tamu hotel dan pengunjung wisata,” katanya.
Nantinya, pemerintah akan menyediakan kendaraan antar jemput bagi tamu hotel dan pengunjung. Dengan demikian, lalu lintas tidak akan terlalu padat.
Selain itu pula, dengan akan dipusatkannya tempat parkir di sana, maka PW akan kembali hidup. Setidaknya, para pengunjung dapat berbelanja dan melihat souvenir atau oleh-oleh khas Pangandaran yang dijual di sana. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar